Senin, 09 Desember 2013

Mengenal penyakit diabetes

Hari ini jumlah penderita diabetes semakin meningkat, tidak hanya di indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Menderita diabetes ialah pengalaman yang cukup melelahkan dan mengerikan. Tetapi apakah penyakit ini bisa disembuhkan ? apa obat diabetes ? Sebelum kita mencari obatdiabetes yang aman, berikut ini adalah informasi yang diambil dari berbagai sumber tentang diabetes. Mudah mudahan informasi ini bermanfaat untuk anda

Jadi Apakah Diabetes Melitus atau kencing manis itu ?

Diatabes ialah penyakit kegegalan tubuh menghasilkan hormon insulin. Insulin ini ialah hormon pengatur gula darah.. Insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak cukup atau insulin tidak bekerja dengan baik dalam memproses makanan. Oleh sebab itu kadar gula darah pasti meningkat ketika di cek. 

Insulin ini dihasilkan oleh pankreas. Pankreas penderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin atau otot, lemak dan sel-sel hati tidak merespon insulin secara normal. Bisa juga hal ini terjadi kedua duanya.

Ada sebuah analogi yang cukup pas menggambarkan hal ini. Analoginya ialah hormon insulin sebagai sopir angkutan umum disebuah kota. Jika para supir angkutan umum ini mogok massal, orang-orang akan berkumpul ditepi jalan menanti jasa angkutan. Orang-orang (calon penumpang) ini ibaratkan sebagai gula dalam darah. Jika hormon insulin tidak ada atau sedikit jumlahnya maka gula akan menyebar ke seluruh pembuluh darah sebab tidak terangkut.

Umumnya gula dalam darah ini tersimpan dihati. Di dalam hati ini darah diproses untuk menjadi glikogen. Ketika tubuh memerlukan, hati akan mengeluarkan dan mengolah kembali glikogen tadi menjadi glukosa. Untuk orang normal, konsumsi gula yang banyak tidak mengganggu organ tubuh.
Namun, hal itu tidak terjadi pada penderita diabetes. Jika buang air kecil, airnya menjadi agak kental dan terasa manis karena banyaknya gula di dalam darah. Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

Diabetes tipe 1 (satu)

Diabetes tipe 1 ini ialah kondisi dimana tubuh sudah tidak bisa sama sekali membuat hormon insulin. Karenanya, penderita diabetes tipe 1 ini harus menggunakan suntikan insulin untuk mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderita diabetes tipe 1 ini  ialah anak-anak & remaja.

Diabetes tipe 2 (dua)

Diabetes tipe dua ini terjadi karena hormon insulin yang diproduksi oleh tubuh mencukupi atau terjadi resistensi insulin, yaitu insulin tidak dapat digunakan dengan baik oleh tubuh. Sebagian besar penderita diaetes (hampir 90%) adalah tipe ini. Kebanyakannya mereka ini usianya diatas 40 tahun dan memiliki riwayat keluarga penderia diabetes, serta bertubuh gemuk.

Seringnya orang ngga sadar mereka adalah penderita dibetes tipe-2, walaupun keadaannya sudah menjadi sangat serius.  Diabetes tipe dua ini umum dialami sebab kegemukan, kurang olahraga, serta gaya hidup yang tidak sehat. Sumber Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar